Lagi lagi WD integrated eo yang di kawal kang Wulung Ungki ini membuat acara seperti short course bertajuk BMW rider academy tapi di kemas dalam off road sesion. Acara yang berlangsung di BSD selama 4 hari ini berlangsung dalam 2 kloter, yaitu tgl 26-27 januari untuk kloter pertama dan 28-29 untuk kloter kedua. Berhubung saya cuma libur sabtu minggu jadi cuma bisa ngikutin acara ini di kloter ke 2. Ga tanggung tanggung instrukturnya sendiri dikirim langsung dari BMW south africa. Peserta yang hadir ga hanya dari jabotabek doang, tapi ada dari balikpapan, bali, surabaya, bahkan Malaysia. Selain itu ada Luna maya yang katanya nanti akan menemani bang Ungki dalam perjalanan ke timur, mau tau perjalanan apa? pantengin aje disini.

Acara yang baru di adakan pertama kali di Asia ini, ya bener ASIA. Cukup kaget juga dengernya, pasalnya di sini kan belom ada dealer resmi BMW ya??? ya karena antusiasme rider BMW disini besar kata kang ungki, jadi mereka dengan senang hati menerima undangan dari kita. Para peserta berangkat dari hotel santika di BSD tepat pukul 8:00. Tapi disini ga hanya BMW ya, sepenglihatan saya ada Multistrada1200 dan KTM 950 yang ikut juga, yaaa mungkin karena motor ini sama sama  multi purpose jadi masih satu kasta lah. 8:20 semua peserta sampai di taman kota 2, motor di parkir dengan rapi dan sempat mengundang perhatian orang orang yang ada disekitar taman kota itu. Setelah registrasi ulang, peserta langsung masuk kelas untuk pembekalan teori.

Materi yang di berikan Kazjek (chez) Van Dijk dari hal yang sangat mendasar dimulai dari pengetahuan jenis motor yang di pakai, tekanan ban posisi riding dan posisi kemudi saat offroad. Dan sharing pengalam off road masing masing peserta yang ada, dan juga pemberian solving problem jika menemukan masalah di jalan.

Lanjut ke luar kelas di area taman kota 2 ini peserta belajar membangunkan motor, pelan2 an untuk menjaga stabilitas, memgang motor sambil memutarinya dengan 1 dan 2 tangan. Duduk di tangki, memindahkan kaki ke berbagai posisi. Kesemuanya ini lebih membiasakan membawa motor yang ukurannya besar ini. supaya lebih terbiasa dan memmbuatnya enjoy di posisi yang sangat tidak mengenakkan sekali pun. Mendorong motor juga masuk dalam menu latihan siang itu, jadi memindahkan motor seperti ini harus dinyalakan dan sambil dijalankan sedikit, Ujar chez.

pukul 12:00 Semua peserta lunch dan saya harus pamit undur ngerjain tugas kuliah. Lanjut ke hari ke 2.

nah mumpung lagi pake kaos ducati multistrada1200 trus ada motornya di tinggal yang punya, numpang poto ahh

ya mungkin kalo dari ducati indonesia butuh model saya siap kok #eaaaa

Author

6 Comments

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.