Yaaaa kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba bagaimana rasanya membawa mobil eropa ini di dealer resminya yang berada di kawasan BSD. Sebelumnya dengan rasa penasaran dengan mobil Kenblock ini, saya mengirimkan email bahwa saya ingin men-Test drive mobil ini. Dalam beberapa hari saya sudah di hubungi dan di konfirmasi dan pada jumat 16/09/11 berangkat menuju tkp. unit yang saya test ini adalah kasta tertingi di fiesta. Fiesta 1.6 AT – Sport, dengan mesin automatic yang nyaris tidak bising saat dihidupkan. Mobil ini bisa di isi dengan premium, tapi kalau ingin performa tambah enak, coba saja diisi dengan pertamaX karena minimim fuel requiretmen nya menggunakan RON 88.

posisi pengendara
auto 6 speed
dashboard

Masuk mobil, dengan postur tubuh 175cm ini kok terasa membungkuk saat masuk, tapi pas saat duduk. Posisi kemudi bisa di naik turunkan. pandangan ke depan pun luas, panel mudah di jangkau. Ditambah dengan adanya pengaturan di stir itu sendiri, seperti volume radio penerima telpon. Tombol pengatur spion pun ada di sebelah kanan yang menempel di pintu, yang unik dari spionnya, ada cekungan di ujungnya. Jadi untuk mengatasi blind spot.

 

audio concole
voice command button

 

 

Mulai memindahkan posneling auto ini ke R, D yaaa hentakan lembut dari mobil yang di klaim bisa mengeluarkan torsi 152Nm pada 4.050Rpm yang disandingkan dengan mesin Duratech, 4 cylinder DOHC 16V. Pengereman yang cukup smooth, dan nyaman.

Kapasitas di dalamnya mampu menampung 4-5 orang, 4 orang dewasa dan 1 anak sangat kecil. Pada kursi pengemudi ada indikator apabila si pengemudi lupa memasang sabuk pengaman.

 

airbag

Sayangnya saya hanya mencobanya di daerah perkantoran dan ruko tersebut saja. Maka saya maksimalkanlah tempat seadanya itu. Fitur istimewa pada mobil fiesta ini antara lain: ESP dan Voice command. ESP, automatic stability program. Jadi di saat kita membelokkanya secara mendadak maka program tersebut akan memberikan perintah kepada rem untuk menahan laju supaya tidak banting stir dan membuang ke arah lain. Dengan kata lain mobil bisa tetap stabil.

Voice command, Perintah suara. Dengan memencet tombol yang ada di panel kiri tangan kira dan mengucapkan beberapa perintah seperti call, radio, cd, dll. Maka itu semua akan terintegrasi secara cepat. Tapi kendalanya adalah, apabila artikulturasi atau pengucapannya berantakan maka commandnya pun bisa berantakan.

kabin depan
ini saya lohhhh *sesuatu banget yaaaa

 

Menurut saya kedua fitur itulah yang sangat menonjol pada mobil ini, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan yang mungkin belum saya ketahui. Nah kalo masih penasaran silahkan kunjungi dealer ford terdekat di kota anda :D.

 

foto: istimewa

Author

9 Comments

  1. Join aja lagi di event Ford Fiesta di TMII (Taman Transportasi) 24 September besok, kami dari JDDC Crash Free Intl juga terlibat termasuk road test seminggu penuh Ford Fiesta.

    Voice command nya kurang asoy ya 🙂

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.