Menurut paman gw yang sudah menjadi senior di salah satu pelatihan angkatan laut ini, untuk menciptakan perjalanan yang nyaman maka harus diadakannya persiapan dan ia mengatakan SMART job ini, yang artinya.

S: specifict = Jelas segalanya. Jelaskan tujuan dan dimana anda harus berenti, mengambil foto, dan beristirahat lama.

M: misureable = Terukur. Apabila dalam perjalanan di haruskan istirahat 2 jam sekali lakukanlah, tapi kalo sebelum itu sudah lelah ya jangan di paksakan, hanya anda yang tau ukuran kekuatan fisik anda sendiri.

A: attainable = Pencapaian yang rasional. Apakah mungkin anda mencapai jarak sekian km dalam waktu sekian jam??? ya saya bisa, ya belum tau, ya ga mungkin. Dari berbagai cara macam pencapaian pilihlah yang benar benar rasional.

R: relevant = Keterkaitan dengan situasi dan kondisi. Dalam keadaan gelap anda harus menggunakan lampu untuk menerangi, dalam keadaan hujan pakailah mantel, atau menepilah. Tapi kondisi kuat kok, bablas aja, ya sekarang anda kuat, tapi pikirkan anda masih dalam perjalanan masih jauh jarak yang akan anda tempuh.

T: time skill = Melalui tahapannya. sebanyak banyaknya jalan menuju roma pasti ada urutan dan tahapannya, begitu juga perjalanan, harus ada tahapannya.

Ya, gw mengingatkan diri sendiri supaya meminimalisisr kesalahan dalam melakukan perjalanan.

 

Author

4 Comments

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.