HELM adalah alat keselamatan yang di pakai di kepala dalam melakukan segala aktifitas yang di kira bisa mencederai kepala, seperti: Kerja proyek, berkendara, dan aktifitas lainnya. Tadinya helm digunakan sebagai bagian dari baju zirah Peradaban Yunani kuno, Romawi klasik, sepanjang zaman pertengahan sampai akhir abad 17. Dan sekarang pun Helm masih menjadi tameng di kepala, Kenapa sih kita harus pakai helm??? yang jelas sih untuk meredam benturan langsung yang terjadi ke kepala kita. Terus kalo terbentur tanpa helm kenapa???.

Helm sepeda motor.

Sepengetahuan saya ada beberapa kendala apabila kita terbentur yang jelas dapat menyebabkan trauma (sebutan dalam istilah kedokteran) dalam trauma ini di bagi menjadi 3 bagian, trauma ringan gejalannya tidak muntah dan tidak pingsan setelah insiden. Trauma sedang menyebabkan muntah muntah setelah insiden. Dan yang terakhir trauma berat gejalannya penurunan tingkat kesadaran. Nah kalo anda merasa terjadi gejala tersebut setelah mengalami suatu insiden yang berhubungan dengan kepala, maka ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter atau orang yang lebih tau tentang masalah ini (jangan ke tukang bakmi).

 

Kenapa bisa separah itu sih???

Dr Tiara menjelaskan, struktur otak bersifat lunak dan terlindungi oleh selaput. “Di antara selaput itu terdapat cairan, sehingga otak tidak menempel langsung pada tulang tengkorak. Selaput dan cairan membuat otak tidak mudah terkena trauma di kepala.”

Ketika kepala terbentur, maka cairan otak tersebut bergoyang untuk menstabilkan goncangan sampai efek benturan selesai. Pergerakan itulah yang mengganggu serabut otak dari yang menghubungkan kepala dengan bagian tubuh yang lain. Jika benturan terlalu keras sehingga menyebabkan serabut otak putus itu yang membuat pasien pingsan karena terjadi pendarahan. dikutip dari: http://www.kbr68h.com/perbincangan/klinik/7692-hati-hati-trauma-di-kepala

Gimana tuh??? masih mau ga pake helm???

 

Author

6 Comments

    • kalo ga salah di USA pernah ada debat dengan komunitas moge yang cuma mau pake helm cetok atau tidak sama sekali, Namun akhirnya pengadilan memberikan opsi yang super sekali, mereka boleh tidak menggunakan helm tapi mereka tidak akan di terima apabila mengclaim kalo terjadi kecelakaan yang tidak menggunakan helm.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.