poster

Tangerang (5/4/2011). Minggu kemaren dapet undangan seminat sekalian penerbitan photoworkmagazine.com sebuah majalah online yang bisa di download bebas dan free. Seminar tentang eksplorasi kreativ ini mengajak para fotograferdan insan kreatif lainnya untuk lebih mengembangkan dunia fotografi yang kita cintai ini ke arah yang lebih kreatif. Dan Mr Ari Santosa yang jadi pembicaranya memberikan ilmunya tentang 7 hal menjadi orang yg kreatif.

1.Keterbatasan.

Terkadang di saat terpepet apaoun bisa menjadi hal yang berguna. Begitu juga dengan keterbatasan, seperti pepatah “tak ada akar rotan pun jadi” jadi keterbatasan kadang membawa kita dalam ruang kreatif yang bisa kita eksplorasi lebih jauh.

2. Want to know everything.

Kalo kata seniman mah nyari inspirasi untuk menjadi kreatif mau ga mau kita harus tau banyak tentang apapun, jadi jangan takut untuk bertanya kepada siapa saja, mungkin aja mereka mempunyai pengetahuan lebih dari kita. Asal jangan mau tau urusan orang laen aja yang ada di getok luh.

3.Persaingan sehat.

Di Indonesia sendiri ada jutaan orang kreatif namun gimana kita bersaing dengan mereka??? dengan sehat pastinya banyak makan sayur dan buah dan buat karya yang inovatif dan terobosan terbaru, maka anda pasti menjadi yang pertamaX di antara yang lain.

4. Ga mau sama dengan orang lain.

Sebagai insan kreatif ga mau sama itu sepertinya hal lumrah nampaknya, misalnya gw pake baju yang samaan dengan temen sebangku, cara mensiasatinya  adalah dengan membalik bajunya, rada ga wajar emang tapi ini cara kreatif gw BEDA.

5. Barang pabrikan = Barang mentah.

Menurut pak Ari seperti itu tapi ini lah langkah menuju kreatif. Kalo menurut beliau pribadi barang pabrikan itu belom sesuai dengan kehendaknya jadi modifikasi aja.

6. Out Of the Box

Think diferent from another, kreatif itu banyak gayanya jadi kitalah yang menentukan mau pake cara apa. Melakukan sesuatu tidak dengan kaedah yang ada misalnya kalo foto itu pencahayaannya harus sesuai dengan metering yang ada, tapi gw menggunakan foto over atau foto under untuk menghasilkan beberapa efek yang laen.

7. Narsis.

Mau dilihat karyakita dengan orang laen share lah gan, ada faceboo, tewiter, blog,dll itu kan pada gratis, selain menambah litertur orang yang melihat, siapa tau ini bisa menjadi gerbang untuk menyambung hidup kita nanti.

 

Jadi banyak cara untuk menjadi kreatif, yang saya posting ini hanya sebagian saja selanjutnya serahkan pada intuisi dan feel anda.

CMIIW semoga berguna

 

sumber: ari santosa

 

Author

2 Comments

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.