Jadi gini ceritanya…

Banyak yang bertanya sama gw, om Marlin kalo turing kok ga pernah ramean? Om marlin kok turing sendirian ga takut apa? Kalo di begal sendirian gimana? Om marlin kok ganteng…

Ya banyak lah pertanyaan soal turing sendiri yang menurut mereka itu aneh. Memang turing sendirian itu jarang dilakukan, mungkin 10:3 kali ya. Belom menjadi hal yang lumrah disini. Sejak 2008 gw sudah turing, dan itu sendirian. Tangerang – Bandung gw tepuh 8-10 jam, iyaaaa bener itu adalah waktu yang amat sangat lama. Karena gw suka mampir mampir. Liat tempat cakep berenti, jembatan bagus berenti, mau pipis berenti.

Pagi di Tasikmalaya, Ini yang gw suka, kalo turing sendiri behenti dimanapun dan kapanpun sesuka hati

Kang JJ (Jefrey Polnaja) adalah orang pertama yang gw tau telah melakukan turing sendiri. Ga tanggung tanggung, keliling dunia sob. Kang Ferry Kana, yang saat ini lagi melakukan perjalan dengan motor iya pun sendiri.

Menepis Kesan Arogan

Gw pernah turing rame rame duluuuu tapinya. Bangga iya pastinya, arogan? Ada perasaan itu. Karena dengan beramai ramai gw merasa jadi pusat perhatian dan makin Grengggg gitu. Dengan turing sendiri gw banyak belajar tentang diri gw sendiri. Kalo bahasa kerennya mah, pendewasaan diri. Gw terbiasa melakukan semuanyua sendiri. Mulai dari packing sendiri, motor trouble sendiri, mau pipis sendiri… ya ialah…

Mengatur strategi, dan tau arah tujuan itu jangan sampai terlupakan, nanti gw akan bahas di postingan lain bagaimana mengatur strategi turing sambil foto foto. Nah kalo soal arah tujuan ini juga penting. Pasalnya, lu harus punya tujuan dulu, urusan mau lewat mana sampe ketujuan tersebut, itu bisa diatur belakangan. Jadi rada aneh kalo ada orang turing kalo ditanya mau kemana jawabnya, Ga tau nih, liat kemana angin membawa aja :P, hanyut loh mas kalo kebawa angin.

Malam di Jogjakarta, Kalo turing sendiri itu yang penting atur strategi

Untuk gw yang kalo turing lebih sering berenti untuk foto dari pada untuk pipis. Mencari partner turing itu ga gampang. Kadang kalo kita jalan berbarengan keinginan setiap kepala itu berbeda beda. Nah gimana caranya kalo emang mengharuskan untuk group touring?… Gampang, tentukan titik berhenti, tentukan jam, dan bertemu di titik kumpul.

Wonosari, Ketemu rombongan sebelum lokasi tujuan
Pantai Siung Gunung Kidul, Nah kalo udah dilokasi ketemu juga bareng bareng.

Yaaa begitulah cerita dari gw
Selamat berjelajah

Author

9 Comments

    • sumarlinputra Reply

      weh… kenapa malu om… santai aja, justu dengan turing sendiri malah ngebuka peluang untuk membaur dengan orang orang di sekitar kita 😀

    • sumarlinputra Reply

      sejauh ini sih masih aman lancar jaya om, btw aku baru bawa nmax ini paling jauh ke Jogja hehehehe

  1. Touring sendiri atau cuma dua motor aja lebih enak kalau mau blusukan. Mau ke mana, nginep di mana, makan di mana, lebih cepat dapat jalan tengahnya. Soalnya nggak banyak kepala dan kepentingan yang perlu disatukan.

    Nice post!

Leave a Reply

%d bloggers like this: