Perjalanan JAVADVENTURE ini memberikan pelajaran berharga selain menemui, melakukan dan mendapatkan sesuatu yang belom sama sekali pernah gw lakukan sebelumnya. Nah pelajaran yang paling besar adalah saat dimana motor gw Cemong mengalami pecah piston di Madura, saat itu pikiran gw hanya gimana caranya supaya motor ini cepat di benerin dan lanjut jalan lagi, walaupun sempet berfikir untuk mengkretakannya tapi alhamdulilah bisa di perbaiki di bengkel cokromotor (bangkalan) dan BERES bajaj surabaya.

Gini ceritanye, 1/7/2011, gw udah menservice motor ini, ganti oli dsb. Nah h-1 sebelum berangkat XLnetrally 2011 ke semarang gw sempet ke bengkel lagi dan berpesan pada mekaniknya, “kang tolong di cekin ya gw mau jalan jauh soalnya” kali itu gw rasa ga ada yg aneh soalnya mekaniknya ga bilang apa apa sama gw. sampai di semarang kok indikator oli nyala ya?. Sempet mampir ke Beres semarang buat ganti kabel gas dan kopling, dan gw kembali meminta mekanik untuk di cekin karena gw akan lanjut ke timur. waktu si mekanik itu menggeber cemong dan keluar asap item disitu gw udah curiga kok aneh ya, katanya ini setingannya di buat agak boros mas, jadi enak kalo buka gas terus.

Detik detik terakhir
detik detik terakhir...

Dan selama perjalanan gw sempet ngeliat itu indikator kok nyala yah, eror mungkin. Salahnya gw adalah tidak mengecek ke jendela pengamat oli yang ada di bagian kanan bawah mesin. Masuk SURAMADU semua itu terlupakan dengan rasa senangnya berhasil melewati jembatan ini. Gw bawa cemong di kecepatan 120, 118, 115,114, CTTAAAARRRRR. Suara meledak itu keluar dan mengunci ban belakang, sempat ngesot tapi untungnya kaga jatoh.

Bongkar mesin

Ada yang berkata kalo gw itu pakai oli palsu, ada pula yang berkata kalo pulsar itu mempunyai tingkat penguapan oli yang tinggi, ya apapun itu yang jelas selalu kontrol oli anda dan perhatikan selalu.

Posisi piston
Pecah
Kondisi motor
Mesin

Setelah membongkar mesin terdapat piston dalam keadaan hancur, dan pen miring, di tambah lagi dengan cylinder head yang tergores. Ternyata masalahnya adalah kekurangan OLI. Setelah gw selesai mengganti part yang habis 800.000 rupiah (harga spare part yg gw beli) klep 1 pasang, piston dan cylinder head 1set, oli 2 botol (1 & 1,2 ltr). Nah mulai saat itu gw jadi lebih perhatian soal mesin, awalnya gw berniat buat modif penampilan, tapi dengan adanya kejadian ini gw lebih mendingan buat nabung perawatan dah. Kalo dapet rejeki nomplok baru lah boleh pikirkan buat yang laenya, kalo buat mesin jangan coba coba πŸ˜€

Author

16 Comments

  1. Motor kalo udah pernah kehabisan oli walaupun dah diperbaiki biasanya gk akan seenak sebelumnya,trus berikutnya ada2 penyakitnya..! Bayangin aja brapa jam semua onderdil pd motor bekerja tanpa oli, efeknya ya ada yg rusak dan ada yg aus.. Yg rusak ya tu piston,cldr head.. Yg aus apa? Smuanya kali ya he he.. So jual aja si cemong ganti yg kaya punyanya rial.. Sip bwt touring..

  2. waspada saat gaspol kecepatan malah turun padahal jalan lempeng.. tanda2 piston mau ngunci/ngejim…

    saatnya minggir sebentar…
    mendinginkan mesin dan cek oli…..

  3. hmm…good luck brader smoga lekas sembuh cemong nya, dan next time jgn lupa klo dah nyala lampu indikator segera cek olie nya…

  4. kalo mobilku dulu, ga sampe pecah oom. cuma macet pistonnya, gara-gara pompa oli mati πŸ™
    silinder baret, turun mesin, in reyen lagi. serasa mobil baru :mrgreen:

  5. wah sama ma aku tuh,,,,,,ampe hancur tuh piston ma blok nya……..habis hampir 2,6 jt……gara2 kurang oli…..

  6. Pingback: Merenungi nasib bajaj… | Behind The Stories

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.