Jadi gini ceritanya, sudah 2 tahun lebih gw mulai tertib untuk menggunakan musik berbayar untuk tiap kanal youtube yang gw kerjakan. Gara-gara youtube sekarang semakin ketat dalam mensortir setiap video yang masuk. Baik dari segi copyrigh gambar maupun suara.

Dan 2 tahun kemarin gw sempat pakai yang namanya Epidemic Sound, mereka adalah kanal penyedia musik yang bisa kalian gunakan untuk youtube dan beberapa social media kalian. Dengan membayar $15 Sebulan, kalian bisa gunakan sebanyak banyaknya dan bisa di Monetize, tapi kalo subscription kalian habis, video kalian bisa kena allert.

Sampai akhirnya gw menemukan satu kanal lagi yang namanya Artlist Io. Sebuah kanal penyedia musik juga untuk para youtuber dan berbagai media social lainnya. Mereka punya banyak pake harga, ada yang $9 ada yang $16. Tapi perbedaan Artlist dengan Epidemic adalah di Licensing nya. Kalo disini, selama lu download musiknya masih dalam masa subscription artinya lu bisa pake music ini sampai kapan pun, Dan itulah yang menjadi nilai jual pembeda bagi keduanya.

https://rushradar.com/artlist-vs-epidemic-sound/

Kenapa harus musik berbayar sih om? Jadi gini bro, kalo lu udah mau stepping up ke bikin content yang emang next level kenapa ga sekalian aja, masa iya mau nyomot lagu NCS (No Copyright Sound) Terus terusan. Keluarin budget segitu buat bikin video skuy lah :D. lagi pula kalian pasti bakalan dapet music yang beda dari content creator lainnya.

Nah begitulah sedikit cerita tentang mencari music untuk beberapa video yang sering gw buat.

Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.