Jadi gini ceritanya…

Akhir akhir ini mulai banyak banget brand yang kolaborasi dengan artis maupun influencer. Sebenernya hal ini bukan hal baru dalam dunia persilatan baik di dunia otomotif atau pun gadget. Terlebih banyak banget orang dengan pengikut yang angkanya puluhan ribu hingga jutaan.

Gausah jauh jauh, kalo kalian tau Air Jordan, itu salah satu bentuk kolaborasi yang longlast banget menurut kaca mata om marlin. Sepatu nike, kerja sama dengan pemain basket. Walaupun pebasketnya udah kaga maen lagi, tapi legacy nya masih ada sampe saat ini. Bahkan terus ter update dengan beberapa varian yang mengikuti zaman.

Kita cari contoh lain coba, mungkin kalian tau Vespa Dior? Itu loh vespa yang sempat rame Cuma karena kolabs sama brand design mewah dan masuk salah satu episode serial netflix. Selama om marlin berkecimpung dalam dunia social media dari balik layar (ya karena jarang ada yang tau salah satu cabang kerjaan om Marlin adalah ini) cara ini ternyata ampuh buat memikat hati para kolektor, dan membuat barang ini ludes di pasaran dan harganya sudah pasti naik.

Oke kita cari contoh brand lokal. Pernah inget Honda Beat yang colabs dengan salah satu artis lokal Never Too Lavish, menurut gw, kalo produk itu di buat secara resmi tapi di batasi, mungkin ini bisa jadi salah satu nilai jual yang menambah value dari produk itu sendiri.

Nah ini ada yang terbaru nih, Vario 160 Repsol Edition. kolaborasi produk oli yang jadi sponsor utama tim balap Honda di ajang MotoGP dipadukan dengan motor yang baru banget launching, geger geden brooooo. Jaminan mutu, livery ini bakalan laris di pasaran dengan catatan harganya harus masuk akal dan qualitasnya cihuy.

Ada satu barang lagi yang sering gw liat, yaitu custom kit dari bang Atenx pernah membuat sebuah add on untuk motor Beneli Patagonian Eagle 250. Selain bisa mendorong karya anak bangsa kolaborasi seperti ini pasti akan lebih menguntungkan, dimana dari Atenx sendiri sudah punya masa, ditambah apa yang dibikin beliau ini membuat motor yang di custom semakin berkarakter pastinya.

Jadi bisa di simpulkan, kalo produk kolaborasi ini bisa menambah nilai jual dan juga menambah masa pastinya, selain masa dari produk itu sendiri tentunya akan dapat masa juga dari orang yang diajak kolaborasi. Gimana menurut kalian? Apa berminat ngajak kolaborasi om marlin ga nih :p  

Author

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: