Jadi gini ceritanya… Gw berfikir untuk menulis hal ini sebagai self reminder dan juga mungkin hal kecil ini berguna untuk para pembaca. Oke, jadi dalam membuat sebuah karya, dalam hal ini gw fokuskan untuk sebuah foto ada beberapa hal yang tidak bisa dilewatkan.

Preproduksi, Produksi, Paska produksi. Apaan tuh.. ribet banget sih… foto aje tinggal jepret jadi kok. Nah hal itu dia yang rada gw kaga suka dari mudahnya era digital. Banyak oknum yang menyepelekan hal-hal ini. Sebebihnya gw jabarkan nih.

PREPRODUKSI.

Persiapan. Semua yang berhubungan dengan materi yang akan difoto mulai dari lokasi, objek, cuaca, dan hal lainnya dipikirkan pada tahap ini. Gini deh, biar gampang gw kasih contohnya.

Misalnya, gw akan memotret di sentul, objek kali ini adalah mobil sport. Gw harus tau, angel dari mana saja yang bisa dapet moment top speed, cornering atau mengambil potrait pembalapnya.

Ingat, kita tinggal di daerah beriklim tropis yang bisa hujan dan panas kapan saja. Persiapkan baju yang nyaman, topi, bawa minuman, makanan kecil handuk kecil, dan lain lainnya. semakin nyaman kondisi ente semakin asik juga motretnya.

Dan perlu diingat juga, memotret di sentul kalo ente mau dapet banyak angel harus rajin jalan dan jalan dari titik A ke titik B itu cukup jauh. Bawa motor sendiri adalah solusinya.

untitled-2110
Diambil dari belokan terakhir sebelum garis finish

 

Dipostingan selanjutnya gw akan membahas tahapan Produksi.

Author

Comments

  1. Pingback: My Trip, Sepeda Gunung Citatih Sukabumi | Triyanto Banyumasan Blog's

  2. Entah mengapa, saya lebih suka yang alami dalam melihat foto, atau sentuhan editingnya yang tidak kentara.. kalo foto mobil di atas, backgroundnya kok gelap si Lin apa sore hari atau editingnya memang lo demen yang demikian? *antaraSokTahudanKepo

    • Tanpa disadari semua foto digital pasti telah mengalami proses olah digital di dalam kamera itu sendiri… perubahan cahaya menjadi binari data.

      Foto diatas sengaja di gelapkan karena untuk menonjolkan objek utama… dan disana puj objek nya berantakan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: