Sebagai mahasiswa yang sudah hampir mau mencapai titik akhir perkuliahan, kadang ada waktu kosong yang gw sendiri bingung mau ngapain. Disamping kegiatan jaga toko dan nongkrong di warteg deket kampus, gw sering bingung untuk mau keluar sana dan nyari sesuatu yang kira kira baru. Sampai suatu saat gw baca-baca blog dan di salah satu blog itu dia bercerita kalo dia jalan jalan trus di bayarin bla bla bla…, yang akhirnya gw sempet berfikiran kalo orang itu nikmat banget kerjaannya cuman jalan jalan.

Teringat beberapa kata dari teman gw “ketika lo mengerjakan apa yang lo suka dan lo di bayar” nampaknya sih menggiurkan. Oleh karena itu gw mencap diri gw sebagai freelance photo / video grapher. Beberapa bulan lalu gw menerima BBM tawaran jadi camera oprator, yasudah tidak lama kemudian ada telpon ke gw dan menjelaskan tentang video tersebut. Ternyata gw di jadikan camera operator untuk buat video angkasa pura 1. Setelah ketemuan beliau menjelaskan konsep dan bagaimana nanti dilapangan, akomodasi bayaran dan lainnya. Kali ini semua mengunakan azas kepercayaan, jadi percaya sama percaya, ga ada kontrak kerja bla bla gitu deh, dan alhamdulilahnya gw masih di percayai beliau untuk lanjut bikin video di 2 kota yang berbeda.

Kota pertama yang jadi lokasi suting adalah bandara hasanudin di Makasar, lalu bandara Juanda di Surabaya dan terkahir itu di kantor angkasa pura 1 itu sendiri di Jakarta. Gw ga sendirian, disana sudah ada crew untuk keperluan lainnya juga. Tugas gw disini hanya mencari shot yang bisa mengkomunikasikan antara scrip dan yang kehendaki client. Bahasa gw sadap abis dah. Orang baru itu teman baru, banyak berkenalan dengan sesuatu yang baru itu meng-asyik-an, bertukar pikiran, tukar pendapat, tukar cerita tentang apapun lah itu seru. Kalo ga percaya, coba naik becak kalo lagi di daerah tertentu trus coba tanya pendapat si bapak becak itu tentang SBY.

Satu satunya kendala kuliah sambil freelace di luar kampus itu adalah masalah absen, masalahnya absen di kampus gw tercinta ini kalo lebih dari 3x absen dianggap gugur untuk semester ini. Terkadang kalo jadi camera oprator sering pakai alat yang sudah di sediakan sama pihak PH itu sendiri jadi kesana cuma bawa badan. Kalo gw pribadi, sayang sekali kalo pergi ke tempat baru tapi ga bawa oleh oleh, yaaaaa setidaknya ad foto lah :D.

Membina tali persaudaraan dengan client itu sangat penting, gw selalu mengangaap clietn itu sodara walaupun saudara sesama bangsa seagama/sebangsa setanah air atau seperjuangan atau apapunlah gitu. Siapa tau dengan keramahan itu client bakalan ngajak jalan lagi ke tempat tempat yang luar biasa. Terkadang kalo lagi jalan ke tempat yang jauh bisa jadi alternatif hunting foto di kala waktu istirahat, walaupun itu foto narsis di depan jalan raya tapi di kota lain. 😀

Menurut gw pribadi semua pengalaman baru itu menyenangkan, entah pengalaman baru di teriakin di negara orang, tas ilang di masjid, sampe salaman sama sam reynold itu pun menyenangkan. Jadi, menyenangkan jadi seorang freelance 😀 .

 

Author

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: