Sudah bertemu subuh lagi, seusai solat subuh langsung gw menyambangi cemong liat jendela pengamat oli ternyata oli masih terisi dengan normalnya tepat di garis putih. Sarapan pagi bersama om samsul di temani obrolan hangat yang menyemangati gw untuk terus riding mencici tiap kilometer jalanan sampai ke rumah. Gw sempatkan untuk mampir ke rumah nenek gw, letaknya ga jauh amat, perlahan tapi pasti membawa motor yang geternya kayak bajaj di ibu kota. Rencananya hari ini gw mau bawa cemong ke BERES di Jl.Mayjen sungkono, untuk di cek. Selesai bertemu nenek, gw diantarkan oleh sepupu ke BERES, kali ini gw menyebrang ke surabaya melalui kapal feri. Ya, kalo menurut gw yang udah dari kecil mudik ke madura kalo pulang ga naek kapal feri tuh belom pulang ke madura, oleh dari itu gw pribadi tertarik dengan suramadu, ya kalo sekali kali boleh lah :D.

ASDP
cemong di dalam kapal
Next time kite naek ini yeh ke BORNADVENTURE

Sampai di BERES pukul 10:00 bertemu dengan mas Andreas lagi. Ya…ternyata mas Andreas udah mengira kalo motor gw bakalan balik kesini, hehehehe jadi ternyata hanya cuma balancernya yang harus di setting ulang, sebelumnya rial juga sudah menBBM gw. Masalah terselesaikan, tapi tetep ada suara aneh yang mengganjal, intinya nanti kalo udah di tangerang di bongkar lagi dah :D. Di BERES pun gw bertemu dengan ranger PROV bro Robert, dan ia pun memberi sedikit saran kalo mau turing jauh lagi. Masukannya ga akan gw lupain maa, insaallah. Karena tujuan gw selanjutnya adalah menuju bromo, tapi gw sendiri berasa kurang yakin. Karena, rial posisi udah di malang, gw berangkat ke bromo sendiri, motor masih 80% kondisinya, yasudah kalo emang ga memungkinkan sampe di atas sebelum malam ya gw lanjutkan, dan gw di beri no contact mas iwan rekan mekanik yang sangat friendly.

Bromo tengger semeru

Pukul 14:00 gw berpisah dengan sepupu gw di BERES, dan gw pun melihat peta lebaran th 2008 yang gw bawa dari rumah ini, jalan ke arah bangil. Sempat berhenti di depan rumah sakit sidoarjo untuk makan siang, dan istirahat, panasnya jawa timur hari itu membuat gw kewalahan. Pukul 15:00 gw masuk Bangil, dan menghubungi mas Iwan, setelah di jemput di pintu keluar Bangil ia pun mengantarkan gw ke DEALER Bajaj di sana untuk kemudian memberikan arahan jalan terdekat. Katanya kalo lewat sana 1 jam juga sampai, tapi gw sedikit ga yakin karena ini udah pukul 16:00 paling ga gw harus udah sampe sana pukul 17:00 karena kalo udah malem banget ga safety bro.

Gerbang Tosari

Dan gw pun di tunjukkan jalan melalui warung duwur – pasrepan – tosari, sebenernya di tosari banyak penginapan murah meriah. Dari tosari ini ke pananjakan ga terlalu jauh, tapi berhubung malem itu gw udah di tunggu di Malang jadi gw putuskan untuk bermalam di Malang. Perjalanan menanjak menuju tosari hanya 20kman. Tapi tanjakannya itu sumpah bener bener bikin MUAL!!!.

Thousand corner kali yeh :D. Gw liat petunjuk jalan kok masih jauh yah, mungkin ini karena jalanan yang berkelok kelok. Dinginnya pegunungan bromo sore itu naujubileh dah, pukul 17:00 gw udah masuk Tosari tapi masih 10Km lagi. gw ga mau memaksakan diri inget kata bang Robert, kurang safety. Jadi gw putuskan untuk turun lagi dan mencari jalan ke Malang, sebelumnya gw sempat berfoto dulu di pintu keluar tosari (berharap taun depan bisa balik kesini lagi).

Gw ambil jalan pintas, jadi ga balik ke bangil lagi, tapi mencari arah lewat bululawang dan nanti akan tembus di purwodadi. Jalannya kurang meyakinkan untuk mobil tapi masih oke lah kalo pake motor, jadi gw tancap gas aja lah. Ternyata pemandangannya ga kalah seru dah, sempet ngeri juga lewat tengah hutan kayak gini, tapi untungnya masih banyak rumah penduduk. Sampai di tengah perjalanan yang entah dimana gw bertemu dengan 2 pemuda setempat yang sedang berjalan searah dengan gw, gw berusaha bertanya jalan menuju malang yang aman.

Masuk kota Malang

Dan mereka pun bersedia mengantarkan gw, makasih ya mas, :D. Perjalanan ke Turen (tempat pakde) ternyata masih jauh, “kira kira 90kman mas” ujar seorang yang sempat menanyakan asal muasal gw dan si cemong. Masuk kota Malang gw sempatkan poto di bawah gapura selamat datangnya. Perjalanan lumayan biasa saja, ga ada yang berkesan masuk di kota malang, ga jauh dari ramai, macet dan sumpek lah. Pukul 21:00 gw sampai di desa Gondanglegi – Turen. Kembali berkumpul bersama sodara disini, udara dingin pedesaan dan segelas teh anget bikin kelap kelip mata, ngantuk lagi, tidur deh.

Keluarga di Malang

Bersambung>>>

Author

6 Comments

1. Nikmatnya baca RR,apalagi yg ngejalanin, sayang motornya gk fit… Tp kq jebule turinge dewe2 tho..Gk barengan ma rial..

2. Pingback: JAVADVENTURE hari 5 (Mesin baru) « Di Atas Roda Dua…

3. Wah, ceritanya bikin pengen mas. Ane mau ke Bromo belum kesampean, terbentur waktu (utamanya sih terbentur dana, hehe)

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.