Banyak orang yang memilih liburan ke Bali, Singapore, bahkan mereka sampai pergi ke benua eropa sana hanya untuk liburan semata. Banyak yang mereka belum ketahui sebenarnya di sekelilingnya masih banyak tempat yang sangat dan tidak kalah pesonanya  dengan tempat liburan di luar sana. Saya sendiri adalah orang Tangerang, daerah yang berbatasan dekat dengan Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

Karena blog saya ini bertema kan Roda dua jadi saya ingin menegok para 2whelers yang senang bersatu dengan alam khususnya. Mulai dari jalanan aspal nan mulus hingga jalannan batu terjal layaknya sungai kering berbatu pun dapat kita temui di daerah ini, Pemandian air panas, Puncak gunung yang menawan, sampai waduk super besar pun jawa barat punya.

Tidak ada salahnya kalau saya ingin berbagi banyak tempat indah di jawa barat dalam blog saya ini.

1. Curug Malela

Anda suka photograpy sambil menikmati pemandangan dan ber off road???, tempat in mungkin bisa jadi pilihan yang tidak salah. Air terjun Malela yang ada di kawasan Gunung Halu ini mempuyai semua aspek yang telah saya sebutkan tadi. Terletak 32 Km dari Cililin Bandung barat melalui jalan normal dan 7 KM dari gunung halu dengan kontur jalan yang off road sangat memacu adrenalin anda untuk melewatinya, dilanjutkan dengan jalan kaki 1 Km dari tempat parkir menuju muka air terjun. Banyak yang bilang bahwa air terjun ini mirip dengan air tejun Niagara yang ada di Amerika sana.

Curug Malela
Jalan off road

2. Tangkuban Perahu

Ingin berdingin dingin atau menjajal track motor cross yang membelah hutan???. Tempat ini berlokasi sekitar 30 Km dari kota bandung, letaknya yang strategis dan sangat mudah di jangkau dapat menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Penginapan yang ada di sekitar tempat ini juga banyak, mulai dari harga yang pas di kantong kurus hingga pas di kantong gendut pun ada.

tangkuban perahu

Apabila anda datang ke tempat ini minggu sore biasanya para crosser yang tergabung dalam TRABAS (Trail Adventure Bandung Association) ini berkumpul di cikole, namun anda harus masuk dari pintu 1 (cikole) dengan konsekwensi jalanna berbatu nan terjal.

Motor anak TRABAS

3. Pelabuhan Ratu

Anda Surfer? Pantai yang berada di selatan jawa barat ini mempunyai lautan pasir yang sangat luas, dan karena letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia mempunyai ombak yang tinggi dan lumayan ganas bagi anda yang ingin memacu adrenalin di atas papan surfing kenapa harus jauh jauh ke pantai kuta???.

Bagi yang ingin menuju tempat ini bisa di capai sekitar 60 Km dari kota sukabumi atau masuk melalui jalan Cikidang yang terkenal dengan belokan yang tajam nan menawan.

pantai pelabuhan ratu
pantai pelabuhan ratu
pelabuhan ratu
pelabuhan ratu

4. Waduk Jatiluhur

Bendungan air pertama yang ada di Indonesia ini dibangun sebelum Kemerdekaan negara kita, situs ini juga banyak memiliki manfaat selain di fungsikan sebagai PLTA tempat ini mempunyai budi daya ikan, air minum, dan tempat rekreasi keluarga dan rekreasi air. dengan luasnya yang mencapai 8.300 Ha menjadikan tempat ini memiliki daya tari tersendiri.

Namun apabila anda ingin menikmati kekayaan alam ini dengan sudut pandang lain anda dapt melewati kampung Ciputat yang ada di sebelah barat waduk ini tidak hanya pemandangan yang tidak ternilai harganya anda juga akan melewati jalanan yang memberi kesan tersendiri bagi anda pecinta jalanan rusak (off road)

sudut lain jatiluhur
sudut lain jatiluhur

Demikian lah hasil dari penulusuran saya beberapa waktu lalu, jadi apakah anda ingin memutar arah menuju tempat tempat ini???. Selamat Berlibur.

CMIIW

Author

7 Comments

    • Kalo kesana lagi ga janji mor, bentar lagi kan mau masuk kuliah. Tapi kalo ente mau minta tunjukin jalannya call ane ajah, insaaloh nanti ane bantu jalannya dah.
      punya no ane kan????

  1. Yup..>JAwa Barat memang amsih mengundang banyak pilihan untuk dikunjungi…
    ga perlu jauh2 kalo yang di dekat2 saja pun mempunyai panorama yang tak kalah indah untuk dikunjungi…

    Mantep bro Marlin…

    jangan lupa, mampir dan komen ke http://fajardinihari.wordpress.com/

    komen yg berkaitan yak,,jgn dicela,, maklum, amsih belajar nih…masih jelek bgt isinya,hehehehe

    • Makasih bro fajar udah mampir, kita sama sama belajar, untuk meminimalisir kekurangan kita bro

    • nyindir ajah dah bisanya, sekarang ane udah tau cara cepet jalan tanpa nyasar kk, kuncinya adalah bertanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: