Jadi gini ceritanya…
Mobilitas yang tinggi memaksa alat alat kamera untuk bekerja non-stop dan dengan tekanan yang panjang. Selain karena jam terbang, cuaca dan debu debu yang menempel di lensa juga mampengaruhi kekuatan kerja alat ini.

Nah, lensa andalan gw adalah Sigma 70-200 f2.8 ini, selain bisa mengkompress background menjadi lebih kecil dan membuat gambar seakan lebih asli dengan pemisahan background yang mulus.

Nah beberapa waktu lalu lensa gw sempat tidak berfungsi pada bagian zoom nya. Ada kemungkinan bahwa lensa gw terpentok sesuatu, akhirnya gw berusaha tanya kesana kemari tentang service lensa. Dan bermunculan lah beberapa tempat service lensa beserta estimasi perbaikan biayanya, Sempat bingung antara mau service di tempat biasa atau di service resmi.

Sigma 70-200 f2.8

Service lensa Resmi VS Service Biasa

Nah sebelumnya gw mau kasih perbandingan service di tempat resmi maupun di tempat biasa. Yang perlu di perhatikan adalah, Pertama, Apakah lensa kalian masih bergaransi? Jika iya, maka langsung pergi saja ke service resmi. Kalau lensa kalian sudah habis masa garansinya, tempat service biasa yang terpercaya bisa jadi pilihan.

Kedua, Service resmi biasanya memakan waktu bisa lebih lama, mungkin karena antrian, spare part dan beberapa prosedur yang harus di lewati, dan juga jika kita ingin bertanya tentang status perbaikan barang kita ada beberapa step yang terkadang harus di lewati. Nah sedangkan di tempat service biasa, kita bisa langsung berhubungan dengan si mekanik itu sendiri atau bahkan dengan yang punya tokonya.

Biasanya buka jam 11 pagi sampai jam 6 malam

Ketiga, nah ini juga yang cukup krusial, Kalo di tempat service resmi biaya bisa lebih mahal tapi terinci sangat jelas, dan pastinya ada hitungan yang detail. Sedangkan kalau di tempat service biasa biaya bisa lebih murah tapi bisa juga lebih mahal (Getok harga), Tapi di tempat service biasa, kalian bisa tanya dulu estimasi biayanya dan buat perjanjian. Misalnya: kalo servicenya lebih dari sekian ratus ribu gausah dilanjutin dulu.

Dan yang terakhir, Dari sini kalian bisa jadi temen kerja, dan tukeran informasi kalo kalian service di tempat biasa, sedangkan kalo di service resmi, selesai service, pulang deh 😀

Tempat service nya, sepertinya banyak harta karun disini

Nah, setelah pencarian panjang service lensa, akhirnya gw putuskan untuk service di Om Rudy Kamera, beliau adalah tekhnisi yang bukan setahun dua tahun buka service lensa ini, mulai dari lensa murah sekalipun hingga lensa harga ratusan juta pernah di bedahnya. Mau cuma bersihin jamur di lensa hingga benerin kerusakan yang lumayan om rudy udah ga perlu diragukan lagi.

Rudy Kamera

Ternyata untuk membetulkan lensa yang zoomnya nyangkut cuma dibutuhkan 45 menit, kala itu kebetulan belum ada antrian lensa untuk di service. Sambil bercerita-cerita om rudy juga ternyata pernah beberapa kali menservice lensa punya orang paling berpengaruh di indonesia. Dan masih banyak lagi cerita seru lainnya.

Tempat praktek Om Rudy dan no tlp nya

Begitulah Singkat cerita tentang gw yang mencservice lensa, semoga membantu, dan juga buat Om Rudy Sehat selalu om Rudy supaya bisa membetulkan lensa kawan kawan lainnya 😀

Author

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: