HONDA BIKERS DAY 2019

Jadi gini ceritanya… Gw kembali bergabung dengan #temanartis dan rekan blogger dan Vlogger untuk meramaikan perhelatan tahunan Honda Bikers Day 2019 yang berlokasi di Lapangan Jendral Soedirman Ambarawa. Mengambil tema Pride Of The Nation, kali ini Honda ingin mengajak rekan rekan bikers untuk lebih bangga menjadi bangsa Indonesia, dan karena itu pula mengambil lokasi yang bersejarah ini.

Gw mengawali perjalanan ini dari Dieng 2 Hari sebelum acara, Kami semua menginap di Hostel Tani Jiwo, sebuah Hostel ala ala backpacker. Yang satu kamarnya diisi dengan 8 sampe 12 orang dan beranjang susun. Disana kebersamaan kami sebagai blogger dan vlogger makin erat, karena kita tidur sekamar dan mandi bergantian :D.

Konco sekamar ku, RG700_Motovlog

Kami sempat diajak mengenal lebih dekat tentang apa itu Dieng dan apa yang ada di Kawasan ini. Mulai dari naik ke puncak bukit sikunir hingga berjalan di sekitaran candi Arjuna. Kalian tau Carica ga? Itu loh minuman seperti manisan dari buah Carica atau kayak papaya yang kecil. Dikemas dalam botol kecil nan segar. Nah disini caricanya buat rumahan semua, dan banyak banget variasinya. Mulai dari yang manis banget hingga yang less sugar pun ada. Dan gw punya rekomendasi dahsyat nih, kalo kalian mau kedieng enaknya stay disini tuh 2 hari, 1 hari untuk leyeh leyeh atau Slow living, dan 1 hari lagi untuk explore keindahan dieng, dan jangan lupa untuk cobain Mie Ongklok ya 😀

Mie Ongklok yang terkenal di Wonosobo
Mienya paling enak di makan dengan sate ayam ini

3o November 2019
07.00: OOOOOwwww rait, kita beranjak ke hari H, 30 November hari dimana kita akan turing lucu dengan Motor Honda ADV 150 ke Venue Honda Bikers Day 2019. Jam segini kita udah siap siap dengan riding gear, syukurnya setiap event seperti ini kita di bekali dengan Jaket Honda dan Helm yang sudah SNI pastinya. Kali ini gw mendapatkan helm supermoto dari KYT yang sudah Double D ring, wah menarik nih :D.

Riding gear lengkap, biar tetap #cari_aman

08.00 Rombongan dari Blogger dan Vlogger ada sekitar 20an orang, dipecah menjadi 2 rombongan, kali ini kami di janjikan rute yang istimewah melalui Perkebunan teh Tambin, Perkebunan buah Parakan, Temanggung dan nanti akan tembus di Ambarawa. Perjalanan ini berjarak kurang lebih 100 KM. Sebelum perjalanan di mulai kami semua pemanasan dulu dan berdoa pastinya.

Sesepuh Motuba, mbak muhsin (Bonsaibiker.com)
Vlogger idola Kimcil kepolen, (@lucasgratia)

08.30 Kita singgah sejenak di salah satu Sekolah Dasar yang ada di perkebunan Tambi ini untuk melaksakanan CSR. Sudah menjadi agenda berkelanjutan bahwa HBD ini selalu di barengi dengan CSR (Corporate Social Responsibility) Disini Honda membagikan buku bacaan, perlengkapan solat, alat olahraga dan lain lain.

Melihat keceriaan mereka bertemu orang orang asing dan asik seperti kita ini lucu yak. Wajah jail dan iseng mereka akan keingintahuan tentang siapa kami dan apa yang kami lakukan seakan tidak terbendung. Dan ada salah satu anak yang sempat bercengkrama dengan salah satu PIC blogger kita, kak Adin mereka banyak bertanya tentang apa itu blogger, karena banyak dari mereka ternyata sudah tau apa itu Vlogger, dan yutub, jadi ini bukan salah satu hal yang aneh, tapi emang belum banyak tau kalo ini adalah bagian dari salah satu profesi yang bisa menghasilkan.

Kak Adin PIC dari Wahana Bercengkrama dengan salah satu murid disana
Cak Iwan banaran dengan kaget, kok ini murid tibatiba pada cium tangan
Mas Gufron, sudah cocok jadi guru dan siap di kriim ke sd terdekat
Ibu Isti dengan penuh senyum dan gembira menyambut anak anak yang ingin bersalaman
sesi foto bersama

Ada sedikit cerita menarik dari 2 foto diatas ini, ketika dari kejauhan pak guru diam diam foto diatas motor motor ini, dengan santai saya bilang saja, pak foto dengan motor yang itu, menunjuk dua motor yang ada di depan tulisan SD ini. “Duh kapan ya saya bisa beli motor ini, ” pak guru itu berkata sambil mengagumi motor ADV150 ini, memang tampilan motor ini luar biasa istimewa, desai yang khas dan ga pasaran. Seketika ia berfoto dengan 2 motor yang ada tersebut 😀

ADV150 Versi ABS
Pak nyoman, RC sekaligus jadi Kuncennya Blogger :p

10.00: kita melanjutkan perjalanan kearah timur, kali ini benar aja, trek yang disuguhkan ugal ugalan syekalee… Dimana sekalinya turunan bisa sampe nunduk abis dan tanjakan bisa sampe dangak abis. Gileee Bahasa gw ngeri banget ya. Oke kita lanjutkan perjalanan, sekitar trek yang di tempuh hanyalah hutan yang di penuhi pepohonan dengan pemandangan khas para pemotong pohon.

Masih dapet speed cihuy, 70-80Kpj mah ga susah
Grup riding

12:00. Kita sampai di kebun buah yang ada di sekitaran pegunungan sindoro dan sumbing kami istirahat sejenak untuk minum jus buah dan beberapa potongan buah segar, sedaaappp… Disana kami meregangkan badan sejenak. Perjalanan menggunakan Honda ADV 150 menyenangkan, lebih menyenangkan lagi adalah jalan Bersama teman teman Blogger dan Vlogger. Soal Handling, motor ini ga diragukan deh, meliuk meliuk di setiap belokan tajam tanpa ada keraguan, dan juga ban dual purpose nya ala ala ini cukup menghandling aspal di lokasi yang relatif bagus, karena ini adalah Kawasan bebas kendaraan overload, sepenyelidikan saya :D.

jalanan relatif mulus walaupun ada beberapa yang retak
Sepanjang jalan kaya akan pemandangan indah

Satu jam berlalu kami melanjutkan perjalanan, kirain jalannya udah mendingan tapi makin menjadi sodara sekalian, dan ini berlangsung kira kira sekitar 30an kilometer.

13:00 Setelah melalui jalan dengan belokan yang bikin melek kami sampai di Ambarawa, tentunya ini bukan di venue, tapi kita ngepos dulu di Joglo Resto, lokasinya ga jauh dari Lokasi HBD2019 ini. Disini kita langsung makan dengan grasgas syekaleeee. Sedikit cerita tentang Honda ADV 150 dipake turing, yes, sebagaimana yang gw pernah cerita, kalo gw sebelumnya pernah bawa motor ini ke Puncak dari Tangerang untuk makan sate, dengan jarak PP 200Kman. Masih dengan rasa yang sama, juara di handling, penampilan yang menganggumkan, eye catchi banget. Tapi ada beberapa sector yang bisa diupgrade, mungkin dari bagian mesin kiri atau bagian CVT supaya lebih responsif saat nanjak ataupun di bagian awal, dan juga bagian jok yang cukup keras dan kulit jok yang masih berpindah pindah.

Mas Ari dari HC3 yang jadi Swepper memastikan ga ada yang tertinggal
Rombongan Blogger, coba tebak siapa mereka

Nah setelah ISHOMA kita bergerak ke venue dengan rombongan besar. Kali ini Vlogger dan Blogger menjadi satu rombongan kurang lebih ada 20an orang 😀

15:00 Kami sampai di Venue Honda Bikers Day 2019. Gokillll sore itu sudah dipadati oleh para bikers dari belahan Indonesia mulai dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa tenggara hingga Papua, Kalo bikers tuan rumah atau dari pulau jawa sudah tidak udah di hitung berapa yang banyak datang ke venue ini.

Garage area, ruang showcase seluruh produk Honda
Booth Honda Customer Care Center
Panggung utama sebelum dipenuhi para bikers
Booth FDR yang ramai syekalee
Rumah persaudaraan, tempat dimana bikers bisa kopdar sambil kenalan dengan satai
Bertemu sesepuh Community Honda Surabaya

Kami datang langsung di pajang di depan panggung, dan tentunya semua mata tertuju kepada cak Iwan Banaran sebagai artis lokal bertalenta. Ga lama hujan turun membasahi seluruh lapangan Jendral Sudirman ini. Berkah untuk acara dan kita semua ini, gw pun langsung lari ke Tenda Blogger dan Vlogger. Karena disana pasti sudah ada cemilan lezat :D. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya kami di temani juga oleh Bapak dan Ibu dari Board Of Director Astra Honda Motor, dan jajaran panitia Honda Bikers Day 2019 ini.

Suasana Press Confrens
Jajaran BOD
Pak andy wijaya sedang menjawab pertanyaan

Pertanyaan demi pertanyaan di sampaikan, ada yang bertanya kenapa temanya “Pride Of The Nation” ada yang bertanya “apakah acara ini terbuka untuk para riders non Honda” tapi dari banyak pertanyaan gw juga bertanya. Dalam perhelatan yang ke 11 ini sudah tidak diragukan lagi, 10 acara sebelumnya selalu pecah dan istimewa. Jadi, kapan nih Honda Bikers Day akan naik kelas dari tingkat nasional ke internasional. Melihat produk Honda sudah malang melintang di dunia Overlander. Contohnya, Mario iroth yang sudah menyelesaikan 2 etape dengan 2 kontinen yang berbeda. Ada lagi Kang JJ, Jeffrey Polnaja yang sekarang sedang berkeliling dunia untuk ke 2 kalinya dengan motor Africa Twin. Dan ada satu lagi rekan dari gw sendiri, yang sudah lama Naek BMW Gs dan sekarang Naik Africa Twin.

Dan yang menjawab pertanyaan gw ini adalah pak Andy Wijaya, “Terima kasih sudah merecognize produk produk kami, usulan ini akan kami pelajari lebih lanjut”. Memang bukan hal mudah membuat acara bertaraf internasional, tapi kalo dengan persiapan yang matang ini akan menjadi naek level yang luar biasa.

Weh serius banget bacanya ya :D. Lanjutkan lagi. Sunset menyingsing dan acara semakin ramai.

20:00 Acara utama dimulai dengan penyerahan Rekor MURI dari Museum Rekor Indonesia kepada Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta (atau Yonkav 2/TC) Kodam IV/Diponegoro dan Astra Motor Semarang atas penyelenggaraan safety riding terbanyak, sebanyak 1500an Personil yang ikut ajang Safety Riding ini.

Toshiyuki Inuma, Pres Dir Astra Honda Motor Indonesia
Penyerahan Rekor Muri

Berikutnya seperti agenda yang selalu diadakan dalam Honda Bikers Day ini, adanya parade bikers dari berbagai provinsi hingga pembacaraan ikrar bikers community honda secara serentak. Setelah penyerahan tanda mata dari pihak penyelenggara ke pihak penyedia lokasi dan sebaliknya. Dilanjutkan dengan adanya sambutan dari Pihak AHM kali ini di sampaikan langsung oleh Inuma San selaku Presdir dari AHM sendiri dan juga beberapa patah kata dari Komandan Batalyon Kavaleri 2.

Komandan batalyon

21:00 Bintang tamu pun keluar, tapi kali ini kami bertemu dengan Band Gangsarasta, Band Reggage yang terkenal dengan lagu berjudul Hilang ini membawakan kurang lebih 10an lagu.

Gangsarasta

Setelah Band pembuka bermain, ada satu kejutan lagi nih, ialah penyerahan Honda Genio sebagai doorprize kepada pemenang yang beruntung. Jadi di setiap HBD ini peserta yang terdaftar resmi mengunjungi booth dan nantinya mereka akan mendapatkan point dan dari beberapa stamp mereka berhak mengikuti undian secara Langsung.

Honda Genio Special edition
Pemenang yang mendapatkan Honda Genio

Dan ini lah waktu yang amat sangat sangat gw tunggu. Kehadiran Via Vallen. Uyeaahhh… Kesempatan langka buat gw seorang Vianisty dan juga sebagai fotografer untuk mengabadikan kegiatan ini. Sedikit cerita, sejak performanya di Asian Games, VIVA jarang banget muncul ke permukaan, dan perawakannya pun banyak berubah.

Gw pertama kali memotret Via Vallen ini di salah satu pasar malam di Kawasan purworejo. Dan malam itu ia terlihat berbeda sekali, aaahhh ga peduli, yang penting gw bisa goyang bareng Bersama Vianisty se Indonesia ini.

Via vallen membawakan kurang lebih 5 lagu dimana ada lagu Pamer bojo cipt: Didi kempot, kali ini versi cendol dawet yang super-duper viral itu. Dan diakhiri oleh tembang khasiatnya Via vallen, SAYANG. Yak, 30 ribu lebih bikers menikmaati malam itu, walaupun hujan mengguyur cukup deras.

Pada akhirnya acara selesai dengan seluruh suka dukanya, ada yang suka karena bisa bertemu dengan teman teman sesama bikes, dan ada pula yang duka karena bertemu Idolanya, via vallen :D.

Huft…. Selesai sudah gelaran Honda Bikers Day 2019 ini, dengan segala kemeriahannya. Sebenarnya masih ada lanjutan hari terakhir, tapi gw ceritakan nanti di bagian terpisah, cerita tentang gw Bersama teman teman bikers mengunjungi museum Kereta dan naik kereta uap 😀

Terima kasih Honda, Terima kasih 30ribu lebih bikers yang telah meramaikan acara ini 😀

See ya in the next adventure, thanks guys for reading 😀

Author

1 Comment

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.