Color Grading, adalah pewarnaan warna pada objek dengan selera pewarnanya. Disini saya ingin berbagi bagaimana saya mewarnai foto dengan selera saya. Sejak diangkat menjadi anak magang di Majalah Rolling Stone Indonesia, saya mendapat beberapa kesempatan untuk mengambil foto acara musik. Beberapa foto yang saya potret digunakan untuk keperluan Website Rollingstone.co.id maupun majalah yang dicetak. 

Foto yang akan saya color grading dengan hasil akhir seperti ini:

Gambar

1. Import foto pilih foto ke ruang developt, pada langkah awal ini saya mencari eksposure yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Gambar

 

2. Saya memainkan Contrast dan Luminance smoothing untuk mendapatkan warna yang enak diliat menurut saya, (langkah seperti ini banyak banyak aja mencoba, toh mumpung mencobanya GRATIS dan GA BAYAR).

Gambar

 

3. Nah ini kunci paling pentingnya, disini saya menggunakan Preset Retro Rock and Roll, Saya menggunakan Rock and Roll V2. Setelah itu mengatur sedikit exposurenya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. (perbandingan sebelum kiri, dan sesudah kanan).Gambar

Setelah hasil yang diinginkan sudah didapat, langkah selanjutnya adalah mengeksport gambar sesuai dengan kebutuhan. Untuk program Lightroom 5 yang saya gunakan ada di link ini. Sedangkan Preset Retro Rock and Roll ada disini.

Jika ada pertanyaan silahkan bertanya, selagi saya mampu akan saya jawab. 

 

Author

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: