Haaassssiiikkkk dah, bangun pagi banyak kabut, dinginnye maknyus eh ada teh anget MANTAB. Suasana pagi yang sulit ditemuin kalo di kota, ini baru namanya jalan, nyari suasana baru. Kalo jauh jauh jalan dari Tangerang ke sini cuma buat nyari hotel sayang juga sih :D. Rencananya malem ini sudah harus sampai di jogja, sanggup ga ya???. Setelah beberes, sarapan pamitan kaga lupa poto dulu, manasin motor dah, eitsss kali ini kaga lupa cek kondisi OLI, oke masih ada di garis atas. Kali ini gw ingin mengambil jalur Turen – Kepanjen – Blitar – Wates – Kediri – Tulungagung – Trenggalek – Ponorogo – Wonogiri – Klaten – Yogya.

suasana desa yang kaga ada di kota

Cemong sudah panas, gw pun sudah kenyang. Pukul 8:00 keluar dari desa Gondanglegi, menuju arah barat ke kepanjen. Sempat menemui tempat tempat yang belum pernah gw kunjungi sebelumnya seperti Stadion Kanjuruhan dan Waduk Karangkates. Kondisi jalan saat itu lancar dan didominasi tanjakan turunan dan berkelok. Untungnya jalanan ini mulus, tanpa takut ada lobang dan jebakan betmen.

stadion kanjuruhan

Aremania (fans arema), lewat di stadion kanjuruhan gw mampir aja sekalian pengen tau stadion kebanggaan penduduk Malang ini. Memasuki areal parkiran yang megah lapang dan luas, namun kali itu stadion sepi mungkin ga ada acara apa apa, lirak kanan kiri eh ada spanduk besar bertuliskan “BHUMI AREMA” yang gw bayangin saat itu adalah euforia sepak bola berseragamkan biru dengan yel-yelnya.

jembatan merdeka,

Lanjut lagi, liat peta ternyata jalur di depan sana berliuk liuk. Sekitar 40Kman gw berhenti di danau di pinggir jalan, setelah belok dan masuk kawasan ternyata ini toh yang namanya Waduk Karangkates. Berlokasi di Karangkates, disana terdapat PLTA (pembangkit listrik tenaga air) ga beda dengan waduk berPLTA lainnya tapi ini luar biasa luuaaassss banget, masyaallah. Waktu itu disana sedang ada tentara yang berlatih berenang atau entahlah, yang jelas kaga lupa mendokmentasikannya, narsis time.

ini dia Waduk karangkates

Hari semakin siang, gw menargetkan masuk ke Wonogiri sebelum maghrib datang, karena jalur Trenggalek – Wonogiri ini melewati beberapa bukit, dan kalo masih terang banyak tempat yang indah untuk berfoto ria. Tapi gw masih penasaran dengan simpang lima gumul (kediri) karena disana ada monumen Seperti Bangunan Arc de Triomphe di Paris. Nah loh, jadi kalo mau liat itu ga usah ke paris, ke kediri aja :D, sayangnya karena keterbatasan waktu gw ga sempet massuk kesana, lain kali gw harus kesana lagi :D.

Serupa tapi tak sama

Dari kediri gw turun lagi ke Tulung agung, ga terlalu jauh, untungnya siang itu matahari sangat bersahabat, mendung romantis men. Jaraknya cukup 20an KM sudah sampai di kota tulungagung, niatnya mau cari Soto CakMan, berhubung kaga ketemu ketemu yo wes lah yang ada aja. Soto ayam dan esteh manis jadi santap siang gw, jam menunjukkan pukul 13:30 gw harus melanjutkan perjalanan ke barat lagi. Masuk Trenggalek ternyata udah di sambut dengan tanjakan yang berkelok, untungnya infrastruktur jalan kali itu sangat memadai, tapi nampaknya ini habis di perbaiki, karena balum adanya garis pembatas jalan.

Disana gunung disini gunung
mulus men
me & chemong

Sesekali mengambil foto di beberapa titik yang bagus, sepi dan adem. Sekalian ngadem dan meneguk air dari botol infusan bikinan gw sendiri :D. Pukul 14:00 gw masuk kab.Ponorogo, terlihat jelas patung reog menyambut gw. Sempet memberi keadaan kondisi jalan di sana melalui twitter dan langsung di ReTweet sama @ponorobot, mmmm who is he???. Hari semakin sore, ngeri juga kalo tiba tiba mogok, ban bocor, konslet tengah hutan gini. Gw buang segala pikiran buruk kayak gitu, yang ada hanyalah pikiran sampai lokasi dengan selamat, iringan lagu Moves like jagger – Maroon5 menemani perjalanan sore ini.

baru nih
Welcome ponorogo!!!

Alhamdulilah gw masuk Wonogiri tepat waktu magrib, gw memilih spbu untuk beristirahat. Melihat kondisi rantai kok rada kendor yah, wah ga boleh didiemin nih, ambil konci pas 17,14,10 ya kencengin sendiri. 30 menit istirahat nampaknya cukup untuk mengembalikan tenaga yang hilang, kalo terlalu lama istirahat juga ga terlalu bagus, bisa ngantuk dan yang ada kebablasan hahaha.

Nah dari Wonogiri gw potong jalan melaui jalan alternatif menuju klaten, jalannya sempit hanya cukup untuk 2 mobil, 70% bagus baru diaspal tapi jarang ada pembatas jalan, dan sisanya hancur karena di lalui kendaraat pengangkut. Penerangan jalan pun gw rasa kurang, tapi ini hanya jalur alternatif, yang mana masuk ke dalam jalan desa. Cukup menghemat waktu ternyata, akhirnya gw masuk di klaten pukul 20:00. Gw sempatkan maen di tempat kawan di daerah mandala krida. Setelah itu langsung menuju UGM untuk bermalam di kosan fadel, mahasiswa rantau yang berasal dari tangerang juga.

Bersambung>>>

Author

4 Comments

  1. BONEK…panggilan untuk Aremania

    Ralat Cak, kalo bonek itu julukannya fans persebaya, musuhe arema… Gak bakal trimo Arek Malang dipanggil bonek.

    • Mohon maaf kesalahan tulisan saya mas, makasih sudah di koreksi, sudah saya hapus 🙂

      -salam jelajah-

  2. Pingback: JAVADVENTURE hari 6 (mengejar bromo) « Di Atas Roda Dua…

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.