Tangerang (31/3/11). Malem ini saat jaga di toko, seorang pembeki di toko ane mengangkat telpon dan setelah itu  raut mukanya berubah menjadi bingung dan pucat. Ternyata ada kabar buruk bahwa tetangganya di sebelah rumahnya baru saja kehilangan motor, waduh parah juga yah. Kejadian itu katanya berlangsung cepat, emang udah cerita klasik pencurian motor itu dimana mana, tapi bisakah kita mengapusnya atau paling tidak secara berkala dengan menghambatnya??? BISA!!! gimana? gini.

Ilustrasi pencongkelan motor (google.com)

JANGAN PERNAH MENYEPELEKANYA.

Biar ga repot buka pager rumah dengan posisi motor menyala kita turun dari motor dan buka pager, pas nengok ke belakang motor udah ga ada, kan ga lucu banget tapi ini pernah terjadi kok, ayo mau bilang apa???. Memang itu sepele kelihatannya tapi dampaknya sangatlah luar biasa. Ga ada maling yang mau minta ijin dulu kalo mau nyolong, makanya kitalah yang harus waspada.

PAKE KUCI GANDA.

Kalo kunci kontak masih di kira kurang aman, gunakanlah kunci ganda, kalo perlu tambahkan stopkontak rahasia. Ini dinilai sangat efektif kok, pernah ada kawan yang kunci cakram bisa di patahkan, kunci kontak sudah di jebol bahkan posisi motor sudah ada di depan rumah karena motornya berat dan juga susah di hidupin maka menghilangkan niat jahat sang pencuri.

PERHATIKAN JAM RAWAN.

Berdasarkan info yang beredar jam rawan pencuri berkeliaran itu antara lain:  pagi hari jam 8 pagi, siang hari jam 2 siang, dan sore hari jam 6an (setelah maghrib). Di jam itulah di sinyalir pencuri bergerilya dan korbannya pun berada dalam titik kelalaian yang cukup tinggi. Mungkin mereka (pencuri) berdikir di saat jam itu adalah jam sibuk untuk sebagian orang.

SIMPAN KENDARAAN DI TEMPAT YANG AMAN DAN SEJUK.

Ini motorloh bukan minuman dalam kemasan, kok ada sejuknya, ia dong, kan untuk melindungi keindahan cat motor jangan di taro di tempat yang panas dong. Kriteria tempat aman itu seperti apa kk??? itu relatif kok, motor yang ada dalem rumah aja masih bisa di bobol apa lagi di luar rumah. IMHO kalo lagi di tempat parkir umum parkirlah di dekat penjaga dan sampaikan ke penjaga itu kalo kita nitip motor, walaupun kita sudah bayar jika kita nitip langsung secara seganya tukang parkir akan memberi penjagaan lebih ke motor kita. Kalo parkir di rumah, pastikan terkunci dengan aman gembok terpasang rapi, gunakan kunci tambahan bila perlu dan titip dengan keamanan setempat untuk mengamankannya juga.

KALO SEMUA SUDAH TINGGAL BERDOA DEH.

Usaha tampa doa = sombong, Doa tampa usaha = kosong. Oleh karena itu keduannya kita gabungkan maka akan komplit, kalo kita sudah berusaha dan sudah berdoa dengan sungguh sungguh dan hasilnya masih kurang maksimal mungkin tuhan yang maha esa memiliki jalan cerita lain, tapi yakinlah tuhan akan memberikan kita jalan yang terbaik.

Bang napi said ” Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga kesempatan maka WASPADALAH WASPADALAH”

Semoga bermanfaat.

Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.